MEMANFAATKAN BUAH ALPULAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

MEMANFAATKAN BUAH ALPULAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN


Buah adalah bagian dari tanaman yang berasal dari bunga. Buah memiliki peran yang penting dalam kehidupan kita karena buah mengandung bermacam-macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun perannya tidak dapat digantikan oleh yang zat lainnya.Kebanyakan orang hanya memandang buah sebagai sebuah makanan penutup, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. 

Dan juga masih banyak orang yang hanya sekedar mengkonsumsi buah tanpa mengetahui manfaatnya. Begitu pun dengan buah alpukat.Buah alpukat yang selama ini kita konsumsi ternyata memiliki peran yang penting bagi tubuh kita. Tanpa kita sadari alpukat mengandung berbagai zat yang dapat menunjang kesehatan dan kecantikan.

Faktanya buah Alpukat Atau avokad mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Alpukat kaya akan protein,  riboflavin (atau dikenal Sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Selain itu buah alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi diantara semua buah. Vitamin E merupakan vitamin penting yang memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.

Asal Usul Buah Alpukat

Apokat (Avokad), alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Buah Alpukat memiliki ciri kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada jenisnya. Daging buah apokat Berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut. Kini buah alpukat telah terkenal di mancanegara selain buahnya lembut dan dapat diolah menjadi jus, ternyata buah alpukat juga memiliki khasiat atau manfaat yang baik bagi tubuh kita salah Satunya untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Pohon alpukat memiliki batang yang dapat mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Manfaat Buah Alpukat

Tanpa disadari buah alpukat (avocdo) yang selama ini kita konsumsi banyak mengandung manfaat. Setiap 200 gram avokad terkandung 324 kalori, 10 g serat, 31 g lemak, 4 g protein, 31 g karbohidrat, 22 mg kalsium, 2 mg zat besi, 78 mg magnesium, niasin, folat, dan bermacam-macam jenis vitamin mulai dari vitamin A, B1, B6, B12, C sampai vitamin E.

Manfaat Buah Alpukat dapat dibagi menjadi 2 yaitu bagi kesehatan dan bagi Kecantikan. Sebagai berikut:

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan.

Kandungan asam folat di dalamnya bermanfaat untuk ibu hamil karena mampu menjaga kesempurnaan DNA dan RNA bayi dalam kandungan, memberikan energi tambahan, menjaga kesehatan ibu yang sedang hamil dan membantu pembentukan sistem saraf pusat janin termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Serta mampu mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat karena kekurangan asam folatBerguna untuk mencegah anemia,sembelit serta malnutrisi (kurang gizi).

Kandungan lemak dalam buah alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus menaikkan kolesterol baik (HDL).Dapat meredam hipertensi, memperlancar aliran darah sekaligus mengendalikan diabetes.

Dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung, karena buah alpukat mengandung sumber asam oleat tak jenuh tunggal, vitamin E, folat, kalium, pitosterol serta sumber serat penting.

Dapat mencegah diabetes. Ini dikarenakan, kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah alpukat dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan menetralkan kadar glukosa dalam darah anda.Berperan besar untuk mengurangi peradangan pada sendi, karena buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin C serta pitosterol.

Meningkatkan fungsi imun atau kekebalan pada tubuh, karena buah alpukat merupakan sumber vitamin C. Vitamin C akan membuat tubuh seseorang tidak mudah terserang penyakit musiman atau perubahan cuaca yang tidak menentu.Pencegah stroke yang cukup efektif, karenakan buah alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi menurunkan oksidasi koleterol yang akan menghindarkan seseorang terkena stroke yang mematikan tersebut. 

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kecantikan

Alpukat juga menjadi nutrisi yang sangat lengkap untuk kulit. Ini dikarenakan, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Semua nutrisi tersebut membantu menyehatkan kulit dari waktu ke waktu.Minyak alami di dalam buah alpukat memiliki sifat anti-aging seperti kandungan dalam minyak zaitun yang berfungsi untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan noda hitam diwajah.

Mampu menjaga kelembaban alami kulit dari dalam.

Berkhasiat dalam membantu proses regenerasi sel kulit. 2.3. Jenis-jenis Buah AlpukatAlpukat FuerteAlpukat ini memiliki lapisan daging buah yang tebal, sekitar 2,5 cm. Rasanya gurih seperti jenis alpukat lainnya. Kulit buah yang sudah matang berwarna hijau tua dengan tekstur lunak dan permukaan licin. Bentuknya agak bulat dengan panjang 11 cm dan diameter 7,5 cm. 

Berat buah sekitar 0,25 kg dengan produksi rata-rata per pohon per tahun sekitar 45,1 kg. Bijinya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 5 cm dan diameter 4 cm. Walaupun sudah tua, buah alpukat jenis ini sulit jatuh dari pohon.

Alpukat ijo bundar

Buah alpukat ini berbentuk lonjong dengan ujung bulat dan pangkal tumpul. Berat buahnya antara 0,3-0,4 kg. Panjang buah sekitar 9 cm dengan diameter 7,5 cm. Kulit buah tebalnya 1 mm berwarna hijau tua saat matang. Permukaannya licin berbintik kuning. Daging buah berwarna kuning kehijauan dengan tebal sekitar 1,5 cm. Biji berbentuk jorong dengan panjang 5,5 cm dan diameter 4 cm. Setiap pohon dapat menghasilkan rata-rata 22 kg per tahun. Produksi buah terus menerus sepanjang tahun.

Alpukat Ijo Panjang

Alpukat ini berbuah sepanjang tahun tergantung lokasi dan kesuburan tanah. Kerontokan buah sedikit. Berat buah antara 0,3-0,5 kg. Bentuknya seperti buah pear dengan ujung tumpul dan pangkal meruncing. Panjangnya 11,5-18 cm dan diameternya 6,5-10 cm. Tebal, kulit buah 1,5 mm berwarna hijau kemerahan dengan permukaan licin berbintik kuning. Daging buahnya tebal (sekitar 2 cm), bertekstur agak lunak, berwarna kuning, dan rasanya gurih. Bijinya berbentuk jorong dengan rata-rata panjang 5,5 cm dan diameter 4 cm. Produksi buah rata-rata 16,1 kg per pohon per tahun.

Alpukat Butler

Alpukat ini tergolong besar. Bobot setiap buahnya mencapai 0,38 kg. Bentuknya bulat pendek dengan panjang sekitar 10,5 cm dan lebar 7,5 cm. Ujung buah membulat dan pangkalnya tumpul. Ketebalan daging buah sekitar 1,5 cm (untuk bagian yang terkecil) dan 3 cm (untuk bagian yang terbesar). Daging buah berwarna kuning, rasanya tidak begrtu gurih, teksturnya lunak, dan agak berserat. Bila matang, kulit buah berwarna hijau kekuningan. Bijinya rata-rata berukuran panjang 5,5 cm dan diameter 4 cm. Umur mulai berproduksi alpukat butler lebih pendek dibandingkan jenis lainnya. Rata-rata setiap pohonnya dapat berproduksi sebanyak 14 kg per tahun.

Alpukat Merah Bundar

Alpukat ini mudah sekali dibedakan dari jenis lainnya: warna kulit buahnya merah tua saat matang dan bentuknya agak bundar. Ujung buahnya tumpul, sedangkan pangkalnya meruncing. Panjang buah sekitar 11 cm dan lebarnya 8 cm dengan berat 0,29 kg. Jenis ini hanya menghasilkan buah sekitar 12,5 kg per pohon per tahun. Daging buah agak tebal, rata-rata sekitar 2 cm, dengan rasa gurih. 

Warna daging buah kuning. Bijinya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 5,5 cm dan diameter 4 cm.Alpukat WinslowsonAlpukat ini bobot buahnya terberat di antara semua jenis alpukat, mencapai 0,50 kg. Panjang buah 12 cm dan diameter buah 12 cm. Bentuk buah bulat tidak simetris. Bentuk ujung buah agak miring dan pangkalnya tidak berleher seperti jenis lainnya. Warna kulit buah bila matang hijau tua. 

Daging buah tebal, rata-rata 3 cm, dan berwarna kekuningan. Rasanya gurih agak manis. Bentuk biji gepeng dengan panjang 6 cm dan diameter 5 cm. Produksi buah per pohon per tahun mencapai 22,1 kg.     

Jus alpukat

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan jus alpukat adalah buah alpukat, gula, air matang, susu kental manis putih, es batu, blender, pisau, sendok dan gelas.

Prosedur Kerja Atau Cara Kerja

Alat dan Bahan:
2 buah alpukat yang sudah matang
80 ml gula,
air matang secukupnya
2 sachet susu kental manis putih
es batu secukupnya
Blender
Pisau
Sendok
Gelas

Cara pembuatan :

Siapkan gelas untuk menyajikan jus alpukat.
Ambil buah alpukat lalu dibelah menjadi dua bagian.Buang biji alpukat dan ambil dagingnya dengan cara dikerok dengan sendok lalu masukkan kedalam blender.Tambahkan susu kental manis putih dan gula yang sudah dicairkan.
Blender buah alpukat dengan kecepatan sedang hingga halus.
Kucuri gelas dengan susu kental manis coklat pada bagian pinggirnya.Masukkan es batu kedalam gelas lalu tuang jus alpukat kedalamnya.
Jus alpukat siap untuk dinikmat.

Kesimpulan

Buah alpukat memiliki banyak sekali manfaat yang berguna bagi tubuh baik dalam ha kesehatan dan kecantikan seperti meredam hipertensi dan membantu regenerasi sel kulit.Langkah-langkah mengolah buah alpukat menjadi jus adalah dengan cara membelah buah alpukat menjadi dua dan mengerok isi dalamnya dengan sendok, memasukkannya kedalam blender, kemudian menambahkan gula, susu kental manis putih dan gula. Setelah siap di belender kemudian dituangken kedalam gelas.

0 komentar:

Post a Comment