CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS SEPERTI DI KAMPUNG INGGRIS

CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS SEPERTI DI KAMPUNG INGGRIS  
Alhamdulillah, pagi ini Kampung Inggris cerah sekali. 

Baik sobat sekalian, ada banyak email masuk ke iFlow Pare yang menanyakan, Apa mungkin belajar bahasa inggris bisa cepat ? dalam waktu 1 bulan ?


Akhirnya saya jawab, Mengapa tidak ? Candi Prambanan, di Jogjakarta, yang besarnya segitu aja dibangun dalam waktu semalam oleh Bandung Bondowoso (berdasarkan cerita rakyat).

Oke sobat, Belajar bahasa Inggris bisa ditempuh dalam waktu singkat asalkan tahu trick-nya.

iFLow Pare akan sampaikan, ini sebenarnya ini rahasia perusahaan, tapi untuk Sobat sekalian, Apa sih yang enggak??? tapi janji yang jangan diceritakan ke orang lain… hahaha (just kidding)

Oke inilah tips dan trick untuk sobat semua agar dapat menguasai bahasa inggris secepat laju cahaya…
Here they are…

Banyak kita temui artikel-artikel di website yang membahas tentang cara cepat belajar bahasa inggris,  bagaimana menguasai bahasa inggris dengan cepat, menguasai bahasa inggris dalam waktu singkat, dan lain-lain. Artikel-artikel demikian memang sangat menggoda para pencari informasi… siapa sih yang gak mau menguasai bahasa inggris dengan cepat? 

Namun ada hal yang iFLow Pare rasa masih kurang, artikel-artikel tersebut kebanyakan memiliki pola yang sama… point-point yang disebutkan disana  kurang lebih seperti ini:

Cara belajar bahasa inggris dengan cepat:
1. Praktek (insyaAllah tanpa disebutkan semua orang juga tahu)
2. Memperbanyak vocabulary (ini juga sudah pasti)
3. Menonton film tanpa subtitle (bingung-bingung deh sobat)
4. Perbanyak latihan (udah wajar… semua juga tahu kalo banyak latihan bakal cepet bisa)
5. dan lain-lain… 

Artikel-artikel yang ada di atas memang ampuh… tapi benarkah hal tersebut membantu… setelah sobat membaca info di atas apa yang akan sobat lakukan?

Tanpa mengecilkan artikel-artikel diatas,  poin-poin di atas akan berlaku untuk yang sudah punya basic. Kalau dari nol, sobat hanya akan kebingungan… semuanya adalah bersifat ABSTRAK, langkah2 yg ditempuh sudah banyak sobat ketahui sebenarnya… praktik,  latihan,  membaca… dll.

iFLow Pare kini akan memberikan langkah2 konkrit untuk menguasai bahasa inggris dengan cepat… sebenarnya bukan dengan cepat, karena cepat atau lambat tergantung dari pelajarnya. Namun jika langkah2 ini di ikuti, sobat bisa menguasai bahasa inggris dengan lebih cepat. Dan langkah2 yang iFLow Pare akan sebutkan bukan tips-tips abstrak,  tapi real/nyata. Yang langsung menunjuk pada point2 vital dalam bahasa inggris. OKE langsung saja,

1. Mempelajari component of language.
Apa itu component of language? component of language itu bagian-bagian penyusun bahasa. mulai dari huruf, suku kata, kata, frase, dan kalimat.
Yang sobat perlu pelajari adalah kata, frase, kalimat dan klausa (kalimat dalam kalimat) sobat tidak perlu detail, cukup bisa membedakan, oh.. ini kata,  ooh..ini frase,  ooh…ini kalimat. Disitu aja dulu cukup. Langsung ke poin-poin.

2. Pelajari kelas kata.
Sama seperti dalam bahasa indonesia, kata ada beberapa macam. Ada kata kerja, kata benda, kata ganti, kata sifat, dan lain2. Kalo dalam bahasa inggris ada verb (kata kerja), ada noun(kata benda), ada pronoun (kata ganti), adjective (kata sifat), Adverb(kata keterangan), dan preposition(kata depan).Sobat juga tak perlu detail langsung, seperti kata benda ada berapa macam, kata sifat dibagi menjadi berapa lagi,  macam kata kerja apa saja, … Cukup bisa membedakan ini kata kerja, ini kata benda,  oooh… ini tuh kata keterangan. Cukup disitu… lanjut ke point 3.

3. Masuk ke Tenses.
tensea itu ada 16 sobat, tapi sobat tidak harus tahu semua. Cukup 5 tenses saja sobat sudah bisa cas cis cus…Kuasai dengan benar 5 Tenses ini…
1. Simple Present Tense (untuk mengungkapkan kebiasaan)
2. Simple Past Tense (mengungkapkan kejadian masa lalu)
3. Simple Future Tense (mengungkapkan masa depan)
4. Present Continuous tense (mengungkapkan yang sedang terjadi)
5. Present Perfect Tense. (Mengungkapkan yang baru aja terjadi)

iFLow Pare sengaja menyebutkannya tidak berurutan berdasarkan urutan tenses yang sebenarnya. Urutan diatas adalah urutan dari yang paling penting.Sobat pahami fungsinya dan cara kerja ke 5 tenses tersebut.
Alasan mengapa iFLow Paremenyebutkan 5 tersebut selain tingkat kepentingannya adalah juga karena tingkat kesulitannya. Jika sobat menguasai 5 itu,  sisanya yang 11 hanya piece of cake… gampang banget.kebanyakan orang belajar tenses itu langsung 16 atau 12, nah itu akan menimbulkan akumulasi kebingungan yang cukup komplek. Beda sih kalau memang si pelajar emang cerdas dari sono nya… ya enjoy aja si doi…

4. Gunakan tenses ke dalam Question word.
Oke question word adalah kata tanya seperti apa, siapa, mengapa, kemana, bagaimana, kapan, milik siapa, dll.setiap kata punya aturannya sendiri. Nah, aplikasikan kata-kata tersebut pada 5 tenses di atas tadi. Cukup 5 jangan 16 dulu… question word dapat sobat pelajari sendiri. 

5. Lanjutkan dengan belajar Question tag dan passive voice.
Materi ini bisa dipelajari jika sudah memahami tenses. Gunakan 5 tenses tadi untuk memahaminya.Question tag adalah kata tanya yang ada di akhir kalimat, terdapat bebarapa rule.Sedangkan passive voice adalah pembentukan kalimat pasif dalam bahasa inggris.

Contohnya merubah kalimat “Tiara memakan roti” menjadi “Roti dimakan Tiara”.Jika sobat ingin materi tentang Question tag dan Passive voice sobat bisa hubungi kami di Contact Us iflow-pare.com. Insya Allah nanti kita kasih lewat email sobat, GRATIS… Buat situ apa sih yang enggaaak!

Oke itulah tadi langkah-langkah konkrit yang sobat bisa lakukan, cepat atau tidaknya bergantung saudara. Tapi langkah-langkah tersebut bisa membentuk pola pikir sobat terhadap bahasa inggris. Jika langkah-langkah tadi sobat sudah kuasai, tinggal ikuti tips dan trik yang diberikan oleh artikel-artikel lain seperti perbanyak praktek, latihan soal, perbanyak vocabulary, dan lain-lain… Jika sobat-sobat sudah menguasai sampai di langkah ke 5 artinya sobat sudah menguasai 60 % grammar basic yang dibutuhkan. Untuk sisanya yang 40% sobat bisa belajar sendiri dengan otodidak atau belajar di Kampung Inggris Pare.

Nah, Selanjutnya adalah pengembangannya, jika langkah-langkah di atas sudah mulai sobat jalankan baru ini tips dan tricks yang akan membantu sobat mempercepat proses belajar sobat sekalian.Check it out !!!

1. | Tentukan dan breakdown parameter kesuksesan sobat sesederhana mungkin.

Sebagai contoh, sobat ingin belajar bahasa inggris, kemudian sobat tentukan batu loncatan pertama adalah dengan belajar Tenses. Sobat ambil satu tenses Simple Present Tense misalnya. sobat pelajari tuh semua tentang Simple Present Tense. sobat hafalin semua tentang rumus jika kalimatnya positif, rumus jika kalimatnya negatif, rumus jika jadi kalimat tanya, dan sebagainya.iFLow Pare sarankan HENTIKAN, sobat akan bingung karena banyaknya hal yang harus dihafal.Simple Present Tense itu masih tergolong parameter yang kompleks. Breakdown lagi menjadi lebih kecil, misalnya cukup belajar merubah kalimat positif menjadi negatif. itu saja. latihan tentang itu aja terus sampai bisa. jika salah, sobat bisa tanyakan ke tutor atau teman yang lain dimana salahnya. kalo sudah tau latihan lagi, sampai bisa.

Parameter kesuksesan saudara sekarang bukan untuk MENGUASAI SIMPLE PRESENT TENSE, tapi lebih sederhana lagi yaitu, BISA MERUBAH KALIMAT POSITIF SIMPLE PRESENT TENSE KE KALIMAT NEGATIF. Dengan begitu evaluasi dan mencari letak kesalahannya lebih gampang.

2. | Langkahkan kaki kanan setelah yakin kaki kiri telah berpijak dengan kuat

Nah setelah sobat menentukan parameter kesuksesan sobat sesederhana mungkin, latihlah hal tersebut sampai benar-benar saudara tidak lagi melakukan kesalahan. jika salah, tanyakan dimana salahnya, latihan lagi dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Oke, setelah bisa, baru lah pindah ke yang lain misalnya misi selanjutnya MERUBAH KALIMAT POSITIF MENJADI KALIMAT TANYA (INTERROGATIVE).
Lakukan pada parameter kedua seperti yang sobat lakukan pada parameter pertama. Latihan, salah, tanyakan salahnya, latihan lagi, sampai bisa, baru ganti bab. Ingat ini, Pesan iFLow Pare, JANGAN BERANJAK KE BAB SELANJUTNYA, SEBELUM BETUL-BETUL MENGUASAI BAB SEBELUMNYA. Jika ini terjadi, apa yang saudara dapatkan??? Akumulasi Kebingungan.

3. | Lakukan pengulangan  rutin walaupun sebentar.

Pada point inilah keajaiban mulai terjadi,bayangkan seperti ini, jika sobat belajar bermain biola (misalnya), sekali latihan 5 jam non-stop. setelah 5 jam, latihan selesai, kemudian sobat latihan lagi minggu depannya. Bandingkan dengan begini, sobat latihan biola cukup setengah jam, sobat terus latihan sampai selesai, besoknya lagi setengah jam, besoknya lagi setengah jam. Dari 2 kasus diatas mana yang akan cepat bisa?
Supeeeer sekaaalii.. Yang kedua akan lebih cepat bisa. Mengapa? Repetition-lah yang menjadi penyebabnya, PENGULANGAN. ketika latihannya sekali, kemudian istirahat lama, menyebabkan kita kesulitan mengevaluasi apa saja kesalahan yang telah kita buat pada latihan sebelumnya, jaraknya seminggu. beda jika latihannya rutin, jangka waktunya pendek (1 hari) kita lebih bisa mengingat kesalahan kita pada latihan sebelumnya. Kasus tersebut berlaku juga dalam pencapaian parameter kesuksesan sobat dalam belajar Bahasa Inggris. Ingat ya kuncinya REPETITION.

4. | Jangan pernah lepaskan bahasa inggris dari pikiran.

Oke, ini mungkin agak aneh, tapi sangat manjur. Begini, isi pikiran sobat tentang bahasa inggris, penasaran tinggi terhadap sesuatu dimanapun sobat berada, bukan hanya saat dikelas.Contohnya seperti ini, Bayangkan sobat jalan-jalan di Kampung Inggris, terus sobat lihat banner besar, bertuliskan “RUMAH DIJUAL”, langsung saja olah pikiran sobat “Apa bahasa inggrisnya ‘Rumah dijual’?” terjemahkan dalam pikiran sobat, kalau tidak tahu buka Kamus kecil di saku sobat, Kita selalu memaksa para pelajar disini untuk mempunyai kamus kecil yang wajib dibawa kemana-mana, itulah fungsinya.Terus lanjut jalan-jalan, lalu melihat iklan “Merokok dekat anak berbahaya bagi mereka”, Nah jangan dibiarkan lolos ini kesempatan, translate di pikiran sobat “Bagaimana kalimat itu jika di-Inggriskan ya?”. latih terus seperti itu! Dengan begitu, kemampuan bahasa inggris sobat akan sangat meroket.Kata teman-teman dari iFLow Pare, “Ya…mungkin begini ini Dzikir-nya para pencari ilmu… insyaAllah.”

5. | Talk to your self

Oke tips berikut ini terinspirasi dari Saudari kita Gayatri Wailissa, Gadis manis dari Ambon, penguasa 19 bahasa yang meninggal dunia beberapa waktu yang lalu, Semoga Allah meridhoinya.Kita berbicara dengan diri kita (dalam pikiran) lebih banyak daripada berbicara dengan orang lain, kata penilitian sih begitu.Sobat kan sering tu galau, terus bicara sama diri sendiri, “Kenapa sih aku kok begini, begitu, kenapa ini, itu, terus kenapa Si Anu begini begitu…” Nah, gunakan bahasa inggris saat pikiran sobat mengajak bicara. Insya Allah asyiik.

6. | Praktekkan

Oke masih terinspirasi dari Saudari Gayatri Wailissa, praktekkan berbahasa inggris dengan teman sobat, jika tidak ada, bicaralah di depan cermin.Jika tidak ada cermin, bicaralah dengan benda apapun yang ada disekitar anda. Misalnya bicara dengan kipas angin, “Gimana kabarnya kipas angin?”, “Kamu ini ngapain, kok muter-muter mulu?”, kemudian jawab sendiri pertanyaan kamu, tapi Pake Bahasa Inggris ya… kalo stuck, buka kamus kecilnya.Oke semoga artikel ini bermanfaat…
iFLow Pare akan terus meng-update artikel ini jika ada yang perlu ditambahkan. Untuk mendapatkan notifikasi update dari kami saudara bisa memasukkan email saudara ke kolom sebelah kanan page ini.Oke… good readers leave comment and share…Sampai ketemu di Kampung Inggris Pare.

Source: iflow-pare.com

0 komentar:

Post a Comment