Hidup untuk dijalani Bukan untuk Disesali, Tapi Jalan Kehidupan Terkadang Membingungkan

Lagi-lagi bermasalah dengan kehidupan. Semua orang tidak bisa terlepas begitu saja dari berbagai rintangan dalam kehidupan. Kita semua harus menjalaninya sampai di penghujung usia.

Memang hidup ini hanya perlu dijalani. Tidak perlu gelisah, tidak perlu menyusahkan diri sendiri, jalani saja dengan sepenuh hati.

Ketika kita sudah seperti tidak kuat lagi dalam menjalani kehidupan, serahkan saja semuanya pada Sang Pencipta Jagat Raya ini. Yakinkan hati ini untuk menerima garis takdir yang sudah ditentukan.

Setiap orang wajar untuk menginginkan sesuatu. Kita pasti punya cita-cita. Semua orang pasti punya harapan dan kita juga punya harapan. Namun semuanya sudah ditentukan. Segala upaya apapun, segala usaha apapun, jika takdir sudah berbicara, semua itu akan terjadi atau semua itu tidak akan pernah terjadi.

Terkadang kita merasa bahwa hidup ini tidak adil. Terkadang kita merasa bahwa Tuhan tidak sayang kepada kita.

Tapi tahukah kita jika sebenarnya kehendak Tuhan lebih dari segalanya, Tuhan Maha Tahu dari semua yang tahu.

Takdir kita adalah yang terbaik untuk kita. Takdir kita tak melebihi batas kemampuan kita. Takdir kita lebih adil dari pada keinginan dan pengharapan kita.

Syukuri saja apa yang ada. Syukuri saja apa yang sudah menjadi ketentuan untuk kita.

Sebenarnya hidup ini hanyalah sebuah perjalanan jarak dekat, namun penuh fatamorgana kehidupan. Sebenarnya hidup ini hanyalah perhentian singkat, tapi penuh tipu muslihat. Sebenarnya hidup ini hanyalah sebuah ladang sekali pakai, tapi penuh hama yang menghambat. Semuanya itu yang menjadikan hidup seakan-akan lebih panjang, lebih mengerikan, dan lebih dari bayangan yang melebihi realita kehidupan.

Sebenarnya hidup itu simple. Bukan tentang kepandaian, bukan tentang kemenangan, bukan tentang jagoan. Tapi hidup adalah ketekunan, rutinitas yang terus menerus dan istiqomah dalam rangka melakukan semua perintah dan menjauhi dari larangan Sang Penguasa Jagat Raya.

Jadi, jangan pernah menyesali apa yang telah terjadi. Yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki, memperbaiki, dan memperbaiki setiap ketidakpasan yang telah terjadi agar kita menjadi manusia sejati :)

0 komentar:

Post a Comment