Kegiatan Mahasiswa

https://1.bp.blogspot.com/-Rd9bVVkPwqM/VwjCYi6Gp1I/AAAAAAAABeY/IuJ3oRRcSBkWkN7S1JguAyVmhQfp4NTow/s1600/Tips%2Bjadi%2Bmahasiswa%2Bmenarik%2Bdi%2Bkampus.jpg
www.matabaraja.com
Ciee yang sekarang sudah jadi anak kuliahan... ehem-ehem
Keren ya sekarang. Anak kuliahan gitu hehe..
eh.. ngomong-ngomong kamu sudah tahu belum guys, apa yang perlu kamu lakukan di lingkungan perkuliahan?

Masih bingung kan?

Belum tahu yang sebenarnya kan?

Mau tau, apa yang ada di lingkungan perkuliahan?

Beneran nih mau tau? Atau mau tau banget? Hehe

Ya sudah saya kasih tau deh guys.

Gini lho gambarannya.

Pertama kali kamu memasuki lingkungan perkuliahan itu sudah jelas perbedaannya.

Pertama, kalo kita lihat dari arsitek bangunannya.
Kedua, dilihat dari title pelajarnya
Ketiga, dilihat dari title pengajarnya dan keempat dilihat dari title tempatnya

Jelas beda kan hehe..

(becanda) yang itu sudah jelas sekali

* * *

Nah kalo yang saya rasakan seperti ini guys.

Ketika saya mendengar kata "kuliah", pikiran saya langsung tertuju pada kegiatan rutinitas sehari-hari guys, mulai dari

1. Berangkat ke kampus
2. Kontrak belajar
3. Cari referensi buku
4. Ngerjain tugas
5. Pusing
6. Merdeka
6 hal tersebut terangkum dalam kegiatan selama 1 semester.

Itu yang masih tergolong umum. Kalo yang tidak umum itu yang kuliah, ikut organisasi, selain itu juga sambil bekerja. Itu sangat luar biasa guys.

Lebih jelasnya seperti ini guys

Berangkat Ke Kampus

Saya berangkat dari rumah ke kampus, naik motor. Dari rumah sampai kampus dalam waktu 20-35 menit guys. Melewati 5 traffic light. Tau nggak, traffic light itu apa? Traffic light itu lampu merah kuning hijau itu guys. Selain traffic light juga melewati rel kereta guys. Cuma lewat lho. Nyebrang gitu. Nah biasanya kalo lancar, lewat jalan pas kebetulan lampu ijo terus palingan nyampe kampus 20 menit.

Tapi kalo pas lagi apes-apesnya. Pas keburu-buru, walaupun udah ngebut sengebut-ngebutnya, tetep aja ada rintangannya. Pas lagi jalan nemuinnya lampu merah terus. Paling ngeselin lagi pas mau lewat rel, eh pintu pengamannya udah nutup duluan, alhasil harus nunggu sampe kereta lewat. Apesnya lagi kalo pas ketemu yang lewat 2 kereta. Nyampe 10 menit nunggunya. Parahlah pokoknya, kalo ngomongin tentang berangkat sekolah.

Kontrak belajar

Kontrak belajar, biasanya awal kita masuk kuliah, pertemuan pertama dalam semester. Jadi pas kita baru masuk kuliah, pertemuan pertama tiap makul biasanya dosen menyampaikan kontrak belajarnya biasanya sekalian dengan silabusnya. Kontrak belajar itu aturan mainnya guys atau aturan dalam kelas, dan setiap dosen mempunyai aturan main tersendiri. Sedangkan silabus itu rencana belajar ke depannya guys atau yang akan kita pelajari nantinya. Jadi dengan adanya kontrak belajar kita bisa tahu apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus kita hindari, dan dengan adanya silabus kita bisa tau apa yang harus kita lakukan sebelum materi disampaikan guys.

Tapi ada juga sih, dosen yang kurang jelas dalam menyampaikan kontrak belajarnya. Kalo ketemu yang seperti ini kita tanyain lebih lanjut diluar panggung aja guys, setelah jam kuliah selesai hehe..

Cari Referensi

Cari referensi itu mudah guys, cuma masuk ke perpustakaan, biasanya perpustakaan di Kampus-kampus itu sudah ada navigasinya guys, semuanya bisa diakses melalui komputer yang ada di perpustakaan, kalo yang lebih canggih lagi sudah ada situs perpustakaannya, di situs itu sudah ada semua data buku yang ada di perpustakaan guys, kita tinggal buka situsnya, terus masukkan judul buku/ nama pengarang dll kita sudah bisa menemukan buku referensi yang kita cari guys, asalkan di perpustakaan itu ada bukunya ya guys. Kalo nggak ada biasanya di sediain juga kolom buat saran buku. Nah kita bisa gunain kolom itu.

Tapi biasanya nunggu beberapa bulan guys.

Referensi itu gunanya untuk apa sih guys?

Buat belajar, buat ngerjain tugas, buat ngerjain skripsi dll

Ngapain harus pake referensi segala guys?

Biar lebih mantap guys, ada teori penguatnya guys kalo pas kita diskusi di kelas.
Ya gambarannya seperti itu guys, nanti bakalan tau sendiri.

Ngerjain tugas

Ngerjain tugas Itu susah susah gampang guest. Susahnya itu pas lagi kumat malasnya. Gampangnya itu pas bisa nyempetin waktu buat ngerjain tugas guys.

Lhoh emangnya tugasnya mudah-mudah apa?

Kalo masalah tugas, mudah atau susah itu sama aja guys, sama-sama beban pikiran hehe..  yang menentukan bisa ngerjain tugas sama nggaknya itu cuma malas apa nggaknya guys.

Pusing

Pas ngerjain tugas pasti pusing, apalagi tugas yang satu belum selesai ada tugas lagi ditambah lagi ada batasan waktunya. Pokoknya bikin greget bangetlah

Merdeka

Tapi setelah selesai tugasnya, rasanya seperti merdeka, apalagi libur semester genapnya lumayan panjang. Nggak seperti jaman SMA paling 2 minggu. Kalo libur kuliah semester genap itu nyampe 3 bulan lho. Sampai bosen sendiri mau ngapain hehe...
Nah itulah gambaran kegiatan perkuliahan guys. Yang terpenting adalah semangat belajar dan pantang menyerah. Pasti dapat hasil yang maksimal dan baik aamiinn.. :)

0 komentar:

Post a Comment